Kamis, 23 Februari 2017

Definisi & Pengertian Kolesterol Dalam Darah

Sedang mencari informasi tentang penyakit kolesterol dari mulai definisi, pengertian, gejala, ciri, tanda, penyebab, bahaya dan informasi seputar kolesterol lainnya ?

Jika benar demikian, Anda tepat sekali berkunjung ke InfoTentangPenyakitKolesterol.BlogSpot.Co.Id, karena disini kami akan memberikan berbagai tentang penyakit kolesterol secara lengkap.

Definisi & Pengertian Kolesterol Dalam Darah

Definisi & Pengertian Kolesterol Dalam Darah
Definisi & Pengertian Kolesterol Dalam Darah - Kolesterol adalah zat lilin yang dibuat dalam tubuh oleh hati tetapi juga ditemukan di beberapa makanan seperti hewani, seperti daging, unggas dan produk susu penuh lemak. Kolesterol juga dikenal sebagai zat lemak yang dikenal sebagai lipid dan sangat penting untuk fungsi normal tubuh.

Didalam tubuh terdapat 2 jenis kolesterol, diantaranya :


  • High-density lipoprotein (HDL - kolesterol yang dibawa oleh jenis ini dikenal sebagai kolesterol 'baik').

Kolesterol HDL dianggap kolesterol ‘baik’ karena membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri. Para ahli percaya HDL bertindak sebagai pemulung, membawa kolesterol LDL dari arteri dan kembali ke hati, di mana dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. Seperempat sampai sepertiga kolesterol darah dibawa oleh HDL, dilansir dari Heart.org.

Tingkat sehat kolesterol HDL juga dapat melindungi terhadap serangan jantung dan stroke, sedangkan rendahnya tingkat kolesterol HDL telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Low-density lipoprotein (LDL - kolesterol yang dibawa oleh jenis ini dikenal sebagai kolesterol 'buruk').

Kolesterol LDL dianggap sebagai kolesterol ‘jahat’ karena memberikan kontribusi untuk plak, penebalan, deposit keras yang dapat menyumbat arteri dan membuatnya kurang fleksibel. Kondisi ini dikenal sebagai aterosklerosis. Jika gumpalan terbentuk dan arteri menyempit, serangan jantung atau stroke dapat terjadi. Kondisi lain yang disebut penyakit arteri perifer dapat berkembang ketika penumpukan plak arteri menyempit di pembuluh yang memasok darah ke kaki.

Semakin rendah jumlah kolesterol LDL Anda, semakin rendah risiko Anda terserang penyakit. Jika LDL Anda 190 atau lebih, itu dianggap sangat tinggi. Dokter kemungkinan besar akan merekomendasikan statin, selain membuat pilihan gaya hidup sehat. Statin adalah obat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, cnnindonesia.com.

Laman medicalnewstoday.com menjelaskan bahwa kolesterol memiliki 4 fungsi utama, seperti diantaranya :
  • Kontribusi untuk struktur dinding sel.
  • Membuat asam empedu pencernaan di usus.
  • Memungkinkan tubuh untuk memproduksi vitamin D.
  • Memungkinkan tubuh untuk membuat hormon-hormon tertentu.

Umumnya, kolesterol berlebih dapat membentuk plak di antara lapisan dinding arteri, sehingga sulit bagi hati untuk mengedarkan darah. Plak dapat membuka dan menyebabkan pembekuan darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

0 komentar:

Poskan Komentar

Sample Text

Informasi tentang penyakit kolesterol dari mulai definisi, pengertian, gejala, ciri, tanda, penyebab, bahaya dan informasi seputar kolesterol lainnya.
Diberdayakan oleh Blogger.